Trump Bersikeras Inginkan Dana Pembangunan Tembok Perbatasan

Washington: Penutupan sebagian operasi atau shutdown Pemerintah Amerika mencapai hari ke-17 pada Senin 7 Januari 2019. Sementara Presiden Donald Trump mempertahankan permintaan dana untuk membangun tembok perbatasan.

Baca juga: Trump Tolak Berkompromi Soal Tembok Perbatasan.

Kubur Partai Demokrat di DPR mempersiapkan pemungutan suara untuk rancangan undang-undang baru yang bertujuan untuk membuka kembali operasi kantor-kantor yang ditutup. Senin, beberapa ratus ribu pegawai pemerintah tetap di tinggal rumah, sementara ratusan ribu lainnya terus melapor untuk bekerja tanpa mengetahui kapan mereka akan menerima gaji berikutnya.

Ketua DPR AS Nancy Pelosi mengatakan minggu ini dia akan memberikan suara untuk rancangan anggaran belanja secara sendiri-sendiri untuk membuka kembali kantor-kantor pemerintah yang tutup. Dia mengatakan prioritasnya adalah Kementerian Keuangan dan Badan Pendapatan Internal.

“Ini adalah tindakan yang diperlukan untuk memastikan keluarga-keluarga pekerja menerima pengembalian pajak sesuai jadwal,” ujar Pelosi, seperti dikutip dari VOA Indonesia, Selasa 8 Januari 2019.

Pemimpin Mayoritas Senat, Mitch McConnell, menolak paket DPR sebelumnya yang akan mendanai sebagian besar lembaga pemerintah hingga akhir September dan Kementerian Keamanan Dalam Negeri selama sebulan untuk memungkinkan perundingan lebih lanjut mengenai keamanan perbatasan. McConnell menyebut rancangan itu sebagai ‘tidak layak dibahas.’

Demokrat sebelumnya menawarkan dana USD1,3 miliar untuk keamanan perbatasan, tetapi tidak USD5 miliar yang diminta oleh Trump untuk membangun tembok di perbatasan Amerika-Meksiko. Pihak Demokrat mengatakan bahwa tembok itu akan menjadi upaya yang tidak efektif dan mahal.

Trump menegaskan bahwa tembok itu diperlukan untuk menghentikan orang-orang menyeberang secara ilegal ke Amerika Serikat dari Meksiko, serta mencegah perdagangan narkoba dan terorisme.

Dia memuji pertemuan Minggu antara Wakil Presiden Mike Pence dan para pejabat Partai Demokrat tentang keamanan perbatasan, dan mengatakan bahwa jika Demokrat bersedia membuat kesepakatan, maka kesepakatan itu dapat dicapai “dalam 20 menit jika mereka mau.”

Kalau tidak, tambah Trump, penutupan operasi sebagian kantor pemerintah “akan berlangsung lama.”

(FJR)