Iran Akan Luncurkan Satelit, AS Ancam Sanksi

Menlu AS Mike Pompeo. (Foto: AFP)

Washington: Amerika Serikat (AS) memperingatkan Iran tentang konsekuensi yang berat jika tetap meluncurkan tiga satelit. Menurut AS, satelit ini memiliki kekuatan yang hampir sama dengan rudal balistik.

“AS tidak akan tinggal diam dan tidak akan hanya menyaksikan langkah berbahaya yang mengancam stabilitas dan keamanan internasional ini,” kata Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo, dikutip dari AFP, Jumat 4 Januari 2019.

“Kami menyarankan agar Iran mempertimbangkan kembali langkah provokatif ini dan menghentikan semua kegiatan yang berkaitan dengan rudal balistik untuk menghindari isolasi ekonomi,” lanjut dia.

Pompeo menambahkan, peluncuran satelit Iran ini akan menentang Resolusi 2231 Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (DK PBB) Tahun 2015 yang mengesahkan kesepakatan internasional untuk mengakhiri program nuklir.

Sementara itu, Menteri Luar Negeri Iran Javad Zarif membantah tuduhan Pompeo. Ia menyangkal bahwa peluncuran satelit ini sama sekali tidak melanggar resolusi DK PBB.

“AS berada dalam pelanggaran materi yang sama dan tidak memiliki hak untuk memberikan ultimatum kepada siapa pun di sana,” kata Javad.

Javad menambahkan, satelit-satelit yang akan diluncurkan ini dibangun oleh para ilmuwan hebat dan akan ditempatkan di ketinggian yang berbeda. 

(FJR)