Alasan Shutdown, Trump Batal ke Forum Ekonomi Dunia

Presiden AS Donald Trump. (Foto: AFP)

Washington: Gedung Putih mengonfirmasi bahwa kunjungan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump ke World Economic Forum di Davos, Swiss, dibatalkan.

“Karena pertimbangan bahwa pemerintahan sedang shutdown, dan 800 ribu pekerja pemerintah di AS tidak digaji, Presiden Trump membatalkan perjalanan delegasinya ke Swiss,” kata juru bicara Gedung Putih Sarah Sanders, dikutip dari AFP, Jumat 18 Januari 2019.

Awalnya, kunjungan Trump ini akan didampingi oleh Menteri Keuangan Steven Mnuchin, Menteri Luar Negeri Mike Pompeo, dan sejumlah pejabat lainnya. 

“Sikap keras Demokrat tentang pentingnya perbatasan bagi keamanan negara, dengan hormat saya membatalkan perjalanan penting saya ke Davos, Swiss,” tulis Trump di akun Twitter pribadinya.

Pengumuman itu dikeluarkan beberap jam setelah melarang Ketua DPR Nancy Pelosi menggunakan pesawat militer untuk perjalanan ke Afghanistan.

Batalnya kehadiran Trump di forum ekonomi dunia ini menghapus kesempatan Trump untuk berdiskusi dengan para pemimpin dunia lainnya terkait ekonomi, termasuk perdagangan. 

Sementara itu, Menkeu Steven Mnuchin masih menunggu keputusan Gedung Putih apakah ia akan datang ke Davos meski Trump batal hadir. 

(FJR)