Prediksi PSS Sleman vs Persita Tangerang: Menang atau Menangis

JawaPos.com – Kondisi PSS Sleman berada dalam tekanan berat saat hadapi Persita di pekan ke-5 Liga 2 2018, Jumat (16/11) sore ini. Tim Super Elang Jawa harus bisa meraih kemenangan untuk menjaga asa lolos ke semifinal. Jika hanya bisa imbang atau bahkan, maka mimpi PSS untuk bisa tampil di Liga 1 bakal melayang.

Hingga melewati 4 pertandingan babak 8 besar, PSS terpuruk di dasar klasemen Grup B. PSS hanya meraih 4 poin. Dari 4 laga, PSS hanya bisa meraih satu kemenangan. Itu pun berbau kontroversial, saat menang 1-0 atas Madura FC di Stadion Maguwoharjo.

Meski dalam kondisi yang kurang ideal, tak ada pilihan bagi PSS selain meraih kemenangan. Seri atau bahkan kalah hanya akan mengubur mimpi mereka mencicipi kasta tertinggi sepak bola Indonesia, Liga 1.

pss slemanPSS baru meraih sekali kemenangan sepanjang babak 8 besar Liga 2 saat menghadapi Madura FC. (liga-indonesia.id)

“Pertandingan besok (hari ini, red) sangat penting, mau tidak mau kami harus menang. Kalau seri tidak lolos, apalagi kalah,” kata Pelatih Kepala PSS, Seto Nurdiyantara, di Stadion Maguwoharjo Sleman, Kamis (15/11).

Meski demikian, dia tak ingin anak-anak asuhannya terbebani. Eks pelatih PSIM Jogjakarta tersebut berharap para pemain tetap menampilkan permainan yang lepas dan fight.

“Harapan saya tetap agar pemain tidak merasa terbebani. Pemain tampil lepas dengan kondisi yang lebih prima,” kata dia.

Untuk menggapai kemenangan pada hari ini, PSS bukan tanpa kendala. Super Elja masih belum bisa diperkuat bek andalan Arie Sandy karena cedera. Namun Seto sudah melakukan sejumlah antisipasi.

“Kami terus pantai sampai besok (hari ini, red), siapa saja yang kondisinya masih bagus. Karena saya sudah melakukan langkah antisipasi cedera dan akumulasi, jadi saat pertandingan kandang lebih banyak pilihan pemain. Saya ingin mereka bisa tampil lepas dan mental juara bisa muncul,” imbuh Seto.

Di sisi lain, Persita mengaku sangat berat untuk bisa mencuri poin saat melawan PSS Sleman. Karena tuan rumah sangat membutuhkan tiga poin untuk menjaga peluang mereka. Terlebih lagi, salah seorang pemain belakangnya, Ledi Utomo, masih diragukan tampil karena cedera.

Ledi Utomo hampir selalu tampil di setiap pertandingan selama ini. Ia mengaku sangat kehilangan, karena ia mempunyai peran yang sentral di lini belakang. “Kami kehilangan di lini belakang. Ledi Utomo merupakan pemain inti kami,” kata Pelatih Kepala Persita, Wiganda Saputra, Kamis (15/11).

Wiganda menambahkan,”Pertandingan besok sangat berarti bagi kami. Tapi PSS mempunyai track record yang sangat bagus ketika bermain di kandang.”

Menengok hasil pertemuan di pekan ke-1, PSS memang punya potensi untuk meraih tiga poin. Saat bermain di Tangerang, Super Elja mampu menahan imbang Persita. Karena itu, saat tampil di kandang sendiri dan ditambah ambisi besar meraih kemenangan, peluang PSS pun akan semakin besar.

5 Pertandingan Terakhir PSS
12/11/18: Madura FC 1-0 PSS Sleman
06/11/18: PSS Sleman 1-0 Madura FC
01/11/18: Persiraja 2-1 PSS Sleman
26/10/18: Persita 1-1 PSS Sleman
15/10/18: PSMP 2-1 PSS Sleman

5 Pertandingan Terakhir Persita
11/11/18: Persita 1-0 Persiraja
05/11/18: Persiraja 2-0 Persita
31/10/18: Persita 3-2 Madura FC
26/10/18: Persita 1-1 PSS Sleman
15/10/18: Persita 1-1 Perserang

Perkiraan Susunan Pemain
PSS Sleman (4-3-2-1): Ega Rizky Pramana; Akbar Zakaria, Aditya Putra Dewa, Asyraq Gufran, M. Bagus Nirwanto; M. Ilhamul Irhaz, Dave Mustain, Rangga Muslim; Ichsan Pratama, Qischil Minny; Slamet Budiyono
Pelatih: Seto Nurdiyantara

Persita Tangerang (4-3-3): Yogi Triana; M. Toha, Rio Ramadika, Disky Handika, Denny Awin; Heru Setyawan, Egi Melgiansyah, Hari Habrian; Aldi Al Cahya, Sirvi Arviani, Diego Banowo
Pelatih: Wiganda Saputra

Prediksi JawaPos.com
PSS menang: 45%
Persita menang: 35%
Imbang: 20%

(adw/JPC)