Persija Tak Takut Hadapi Tekanan Bonek di Gelora Bung Tomo

Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) akan penuh sesak dengan pendukung Persebaya Surabaya, atau Bonek, Minggu (4/11) sore. Sekitar 50 ribu Bonek bakal menghijaukan stadion yang terletak di Surabaya Barat itu.

Pertandingan melawan Persija memang sudah sangat ditunggu oleh Bonek. Apalagi sempat terjadi friksi antara Bonek dengan suporter Persija, Jakmania pada putaran pertama Liga 1 2018 lalu.

Tak mengherankan apabila tiket pertandingan ini sudah habis terjual sejak H-3. Animo Bonek yang luar biasa terhadap partai ini juga terdengar hingga telinga pelatih Persija, Stefano Cugurra Teco.

Persebaya Surabaya, Persija Jakarta, Liga 1 2018, BonekStadion Gelora Bung Tomo akan dihijaukan Bonek (Dipta Wahyu/Jawa Pos)

“Kami sudah tahu pertandingan akan dipenuhi penonton. Kami sudah minta tolong Jakmania agar tidak datang ke Surabaya. Stadion penuh, buat Bonek saja. Agar tidak terjadi masalah di dalam dan luar stadion,” ujar Teco.

Menurutnya, kehadiran 50 ribu Bonek tak membuat Persija takut. Padahal jumlah itu lebih besar daripada Bobotoh yang hadir di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) untuk menyaksikan Persib kontra Persija. Saat itu jumlahnya hanya 36.500 orang.

“Kami senang karena stadion penuh. Banyak penonton membuat pemain semangat. Pada putaran pertama kami bermain di PTIK. Susah untuk memberi semangat. Karena tidak ada penonton dan stadion kecil. Tetapi nanti akan berbeda,” terangnya.

Mantan pelatih SBOBET fisik Persebaya itu menambahkan, mental para pemain Persija sudah sangat terlatih untuk menghadapi tekanan suporter tuan rumah.

“Kami dari awal musim hanya tida kali bermain di Jakarta. Selain itu kami bermain di Bantul atau di tempat netral. Jadi mental pemain sudah terasah bermain di mana pun,” pungkasnya.