Semifinal Liga 2 2018 Tetap Home Away, Ini Alasan PT LIB

JawaPos.com – Babak 8 besar Liga 2 2018 memang baru memasuki pekan ke-2 dari 6 pekan yang dijadwalkan. Namun, PT Liga Indonesia Baru sudah jauh hari memastikan format di semifinal tetap sama dengan babak 8 besar. Masih menggunakan format home-away.

Babak 8 besar Liga 2 2018 memang berbeda dengan musim lalu. Di musim 2017, saat memasuki babak 8 besar hingga final menggunakan sistem home tournament. Musim ini, di babak 8 besar hingga semifinal, PT LIB memutuskan untuk gunakan sistem home-away.

Chief Operation Officer (COO) PT LIB, Tigor Shalomboboy mengungkapkan alasan utama penggunaan format home-away pada Liga 2 2018. Hal tersebut dilakukan agar kualitas dan tensi pertandingan tetap bagus untuk menjaga mutu kompetisi. 

Selain itu ada alasan lain kenapa PT LIB memilih format baru ini. “Stadion klub-klub yang lolos babak 8 besar ini juga layak untuk menggunakan format itu,’’ bebernya.

Namun demikian, kepastian kapan babak semifinal Liga 2 masih belum ditentukan. Diperkirakan akhir November babak semifinal sudah bisa dilangsungkan. Mengingat pertandingan babak 8 besar akan berakhir pada 20 November mendatang.

Empat tim yang tampil di semifinal ini akan memperebutkan jatah tiga tim yang promosi ke Liga 1 musim depan. Hanya juara, peringkat kedua, peringkat ketiga Liga 2 yang otomatis naik kasta musim depan.

Nah, soal babak final yang dijadwalkan pada 2 Desember mendatang, Tigor menerangkan formatnya akan kembali menggunakan home tournament. Mirip dengan musim lalu. Tapi tempatnya masih belum ditentukan. ’’Yang pasti stadion sekitaran Jakarta,’’ imbuhnya.

Tigor berharap, siapapun nanti tim yang lolos ke babak semifinal hingga final, dan naik kasta ke Liga 1 musim depan, bisa memberikan suguhan pertandingan yang menarik. Tidak kalah dengan Liga 1 yang terus berlangsung seru hingga akhir kompetisi. Karena belum ada kepastian siapa yang juara ataupun degradasi.

’’Semoga Liga 2 musim ini semakin menarik dan jadi hiburan tersendiri bagi pecinta sepak bola nasional,’’ katanya.

Sejauh ini masih belum ada tim yang sudah memastikan diri lolos ke babak semifinal. Dari 8 tim yang sedang bertanding dalam dua grup, sama-sama punya kans untuk menjaga harapan lolos ke Liga 1 musim depan.

(rid)